Sentra rajut Binong

Posted on

Untuk tugas survey lapangan kali ini saya mengunjungi Sentra Rajut Binong yang berlokasi tak jauh dari kawasan Bandung Super Mall pada Senin sore (25/Juni/2012).

Ini adalah kunjungan pertama saya ke kawasan Sentra Rajut Binong, tidak sulit mencari kawasan ini. Saat pertama memasuki kawasan Sentra Rajut Binong terlihat aneh karna tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya tapi terlihat seperti pemukiman rumah warga biasa dan banyak pula tukang becak di depan gang Sentra Rajut. Namun disana terlihat beberapa toko diselingi dengan rumah warga. Sentra Rajut ini bukan berupa perusahaan besar tapi cenderung seperti home industry. Pemiliknyapun tidak hanya berasal dari Binong saja tapi ada juga yang berasal dari luar Binong. Awalnya hanya satu yang memulai usaha rajut ini namun warga sekitar tertarik dan ikut juga memulai usaha ini. 

            Tidak hanya toko tapi disanapun terdapat banyak toko yang menjual barang jadi, tempat produksi rajut, dan tukang jahit pun ada. Harga yang di tawarkannya pun berkisar mulai dari yang Rp. 35.000,-  bahkan sampai ratusan ribu tergantung dengan model, ukuran, tingkat kesulitan, dan tebal tipisnya kain.

            Karna harganya cukup terjangkau untuk berbagai kalangan, mulai dari yang biasa saja sampai yang menengah ke atas. Lumayan cukup banyak yang berkunjung ke Sentra Rajut ini mulai dari warga Binong itu sendiri sampai warga dari luar daerah. Ada yang membeli satuan untuk dipakai sendiri dan ada pula yang membeli untuk dijual kembali.

Setelah saya coba tanya omsetnya berkisar dari 200 juta bahkan sampai 1milyar pun bisa dicapai tergantung dengan penghasilan sehari-harinya. Produk yang dijualnya pun berbagai jenis mulai dari cardigan, bolero, blus, sweater, benang-benang wol, perlengkapan jahit, dan lain sebagainya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s